Layanan sirkulasi merupakan pelayanan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi. Di Perpustakaan ini menggunakan layanan terbuka (Open Access). Sistem ini membebaskan pengunjung ke tempat koleksi perpustakaan, dapat melalui browsing, membuka-buka, melihat buku dan mengambil sendiri.
A. Prosedur Peminjaman
Pemustaka mencari lokasi buku pada rak atau melalui opac
Pemustaka mengambil buku dari rak
Pemustaka menyerahkan Kartu Anggota Perpustakaan dan buku yang akan di pinjam kepada petugas
Petugas mengecek pada database keanggotaan mahasiswa
Jika benar sudah terdaftar sebagai anggota, petugas memproses buku yang diminta
Petugas menstempel tanggal kembali pada buku dan pemustaka tanda tangan pada lembar peminjam
Petugas menyerahkan buku dan kartu anggota
Proses Peminjaman selesai
B. Prosedur Pengembalian
Pemustaka menyerahkan buku yang akan dikembalikan disertai kartu anggota perpustakaan
Petugas mengecek dan memproses pengembalian buku
Petugas menyerahkan Karta Anggota Perpustakaan
Proses Pengembalian Selesai
C. Prosedur Perpanjangan
Pemustaka menyerahkan buku yang akan diperpanjang di sertai kartu anggota perpustakaan
Petugas mengecek di database jika benar maka petugas akan melakukan perpanjangan dengan cara stempel tanggal kembali
Petugas menyerahkan buku dan kartu anggota perpustakan
Proses Perpanjangan selesai
D. FGD ( Fokus Group Discussion
Pelayanan perpustakaan dapat berjalan secara efektif dan efisien apabila setiap pemakai menaati peraturan dan tata tertib yang telah dikeluarkan oleh Perpustakaan SMK PGRI 1 Ngawi.
Ada beberapa peraturan yang seyogyanya diperhatikan : Perpustakaan dibuka setiap hari kerja (5 hari kerja) dengan rincian :